Pages

Minggu, 13 Februari 2011

Go Research!

Pernahkan kita memperhatikan sebuah kalimat mengenai epidemiologi kanker misalnya atau sebuah paragraf mengenai patofisologi sirosis hepatis dari sebuah buku teks yang kita baca? Itu semua adalah mahakarya penelitian yang membutuhkan biaya dan waktu yang lama untuk menyumbangkan ilmu pengetahuan kepada dunia. Mungkin kita juga perlu menyadari bahwa begitu banyak kodok, mencit, tikus, kelinci, anjing ataupun kera yang menjadi korban percobaan untuk mencarikan solusi bagi manusia. Tentunya keberadaan kita di sini adalah menjadi mahasiswa yang mampu menemukan jawaban permasalahan kehidupan dengan penelitian. 

Bagaimana kalau misalnya tidak ada orang yang menemukan antibiotic? Tentu penyakit infeksi masih merajalela. Bagaimana seandainya belum ada yang menemukan cara untuk mengganti cairan yang hilang? Tentu setiap penderita diare atau muntaber sudah dipastikan prognosisnya. Jadi, jangan takut menghadapi permasalahan karena setiap kendala yang kita hadapi akan menjadikan kita beripikir mencarikan jalan keluarnya. Dan caranya adalah dengan penelitian. Terkadang sulit sekali menemukan ide penelitian hanya dengan memperhatikan fenomena di kehidupan kita. Maka, untuk itu kita harus sering membaca selain untuk menguasai konsep di bidang yang akan kita teliti juga dengan membaca (jurnal) kita bisa memikirkan ide dan bagaimana rancangan sebuah penelitiannnya.

Sosok seorang peneliti sungguh luar biasa, seorang peneliti selain seorang ilmuwan juga seorang detektif. Dia punya ilmu tapi juga mengembangkan ilmu yang dietekuninya dengan menelusuri jejak-jejak permasalahan. Seorang peneliti juga seorang designer yang pintar merancang metode penelitian. Seorang peneliti juga memiliki scientific curiousity yang tinggi, jujur, tekun dan peduli terhadap lingkungan. Seorang dokter yang juga seorang peneliti akan memberikan yang terbaik bagi pasiennya dengan evidence based medicine karena kedokteran adalah sains bukan ilmu hitam perdukunan. Serta banyak lagi hal yang mengagumkan dari  sosok seorang peneliti.

Majunya peradaban manusia juga tidak terlepas dari peran penelitian, tidak salah seandainya kuantitas dan kualitas penelitian sebuah fakultas atau perguruan tinggi menjadi tolok ukur akreditasinya. Maka dari itu pimpinan fakultas kita maupun dikti memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi mahasiswa melakukan penelitian dengan menyediakan dana 40 juta pertahun atau dikti yang menyelenggarakan program kreativitas mahasiswa agar kita termotivasi. Namun sayang, mungkin karena kurangnya informasi ataupun kesadaran kita sendiri sejak dianggarkannya dana tersebut hingga sekarang belum ada yang mau menggunakannya. Begitu juga dengan program kreativitas mahasiswa. Wamendiknas prof. dr. fasli djalal yang notabene adalah alumni Unand menyatakan bahwa ia meridukan kehadiran kita  disini mahasiswa yang se-almamternya di PIMNAS untuk disalami. Akankah harapan beliau kembali pupus tahun depan? Jawabannya ada ditangan kita.

Ranah penelitian yang dapat dilakukan mahasiswa cukup luas. Kita dapat melakukan penelitian berupa survey dengan wawancara ataupun penelitian eksperimental pada hewan coba. Untuk melakukan sebuah penelitian kita perlu mengajukan sebuah usulan penelitian dalam bentuk proposal penelitian.

Go Research!

11 komentar:

afifah amatullah mengatakan...

Assalamu'alaikum
There's an award for you.

http://afifahamatullah.wordpress.com/2011/02/14/award-for-you/

Widodo Saputra mengatakan...

Go uul. Ayo meneliti.
Masalah tikus percobaan, tidak jadi persoalan. Kita bisa menangkap tikus tiap hari di rumah.

Pujangga For Allah mengatakan...

assalamu'alaikum akhi uul
subhanallah tulisanya
go research....
banyak meneliti, banyak yang didapat..

Widodo Saputra mengatakan...

http://pkswatch.blogspot.com/

hati-hati nangis bacanya ul.

superdhiaulhaq mengatakan...

@pujangga... syukron atas pujiannya. ana banyak belajar dari antum semua..
@dodo: ternyata dodo hatinya sensitif juga.. suka T.T

Widodo Saputra mengatakan...

informasi yang dodo dapat, yang mengelola dan menulis di blog pkswatch itu adalah teman seperjuangannya ustadz rahmat abdullah ul.

Dan AZ mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Wah, ternyata Uul sudah duluan dapat Award dari ukhty Afifah. Ukhty Afifah baik banget...
Nah, ini Award yang berbeda dari Dan Azed yang sebenarnya juga dianugerahkan oleh ukhty Afifah. Silahkan di cek Ul...

http://lokerklasik.blogspot.com/2011/03/award-pertama.html

Syukron.

Syandrez mengatakan...

assalamu'alaikum akhi n ukhti..
numpang nginfo ya..hehe
sandurezu n sandurezlaam sekarang lagi pindahan nih..
alamat barunya di http://sandurezu.blogspot.com
kunjungi skali2 ya.. syukran... :D
wassalam ww.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb.

Ada Award buat anda...silakan diambil di:

http://avicendbenny.wordpress.com/2011/04/01/award-oh-award/


ya..terima kasih..:)

Widodo Saputra mengatakan...

Uuuulll.., temanya baru, tapi tulisannya klasik. Hehehe...

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum..tok tok *ucap salam ketok pintu. berharap masih ada penghuninya. hhe
bang, an datang membawa sepucuk "surat tantangan" :D
monggo diliat ya bg ul :)

Katanya gini: 'Sebagai blogger, manfaatkan “permainan” ini untuk menguatkan jalinan sesama blogger'

ok y, a challenge message for abg is here : http://sandurezu.wordpress.com/2012/02/12/tag-berantai-resolusi-dua-belas/

:D kalau sempat dikerjakan ya bg. hehehe. arigatou...

Posting Komentar